March 9, 2018 Admin 0Comment

 

Kekhawatiran akan terjadinya infeksi menjadi salah satu penyebab penggunaan yang salah dan penyalahgunaan terhadap antibiotik. Saat ini, masalah resistansi menjadi masalah dunia yang mendapat perhatian sangat serius. Sayangnya, meyakinkan masyarakat untuk tidak sembarangan dalam menggunakan antibiotik bukanlah hal yang mudah dilakukan. Sudah menjadi semacam keharusan dalam masyarakat kita untuk mengonsumsi antibiotik pada penyakit apa pun.

 

Sumber: shopevoo.com

Perlu diakui bahwa pencegahan infeksi merupakan hal penting agar penyakit-penyakit tertentu tidak berkembang lebih lanjut. Akan tetapi, hal itu tidak lantas membenarkan penggunaan antibiotik yang sembarangan. Resistensi adalah bahaya yang jauh lebih mengancam di masa mendatang jika tidak ditanggulangi bersama. Sebagai alternatif, untuk pencegahan infeksi kita bisa menggunakan antibiotik alami yang khasiatnya sudah dibuktikan secara ilmiah. Ada 3 bahan yang bisa kita gunakan, yaitu: bawang putih, madu, dan jahe. Ketiganya telah melewati berbagai pengujian tepercaya.

Bawang putih sudah dikenal secara luas dalam berbagai kebudayaan sebagai obat dan pencegahan penyakit. Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih memiliki kemampuan untuk melawan banyak jenis bakteri termasuk Salmonella dan E. colii. Bawang putih bahkan dipertimbangkan penggunaannya untuk terapi melawan tuberkulosis (TBC) yang resistan terhadap banyak antibiotik.

Beda halnya dengan madu, penelitian menunjukkan bahwa penggunaan madu pada luka dapat memberikan kesembuhan. Madu memiliki komponen hidrogen peroksida yang sudah lama dikenal sebagai antibakteri. Sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2011 menunjukkan bahwa madu bahkan dapat melawan 60 jenis bakteri. Tidak hanya itu, madu bahkan mampu menyembuhkan luka yang terinfeksi bakteri Methicilin-Resistant Staphylocossus Aureus (MRSA.

Antibiotik alami yang ketiga yang sudah umum dikenal di kalangan ilmuwan adalah jahe. Tanaman akar rimpang ini mampu melawan banyak jenis bakteri. Bukan itu saja, jahe bahkan dikembangkan untuk mengatasi mabuk laut dan terapi menurunkan kadar gula darah.

 

Sumber:

Dresden, Danielle. (2018). Top seven safe, effective natural antibiotics. Diambil  ari  https://www.medicalnewstoday.com/articles/321108.php. Diakses pada 5-3-2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *