August 7, 2018 Admin 0Comment

Sumber: Chhattisgarh.co

Industri suplemen vitamin dan mineral, termasuk salah satu industri miliaran dolar yang sangat menguntungkan. Tingginya angka kasus penyakit jantung (bahkan sampai menjadi sumber penyebab kematian tertinggi secara global). Fakta ini menyentil kesadaran kita untuk lebih memperhatikan kesehatan jantung, terutama dengan mengonsumsi vitamin dan mineral. Namun, pertanyaannya adalah apakah vitamin dan mineral memang memiliki kemampuan untuk mencegah penyakit jantung?

Untuk menjawab pertanyaan ini, maka dilakukanlah penelitian yang hasilnya kemudian dipublikasikan di  The Journal Circulation: Cardiovascular Quality and Outcomes. Hasilnya adalah multivitamin dan mineral tidak dapat melakukan apa pun terhadap jantung, untuk mencegah penyakit stroke, serangan jantung, atau penyakit kardiovaskular lainnya.

Untuk tujuan menjaga kesehatan jantung dan mencegah penyakit kardiovaskular, maka para peneliti lebih menyarankan makanan yang menyehatkan jantung, berolahraga secara teratur, berhenti merokok, kontrol tekanan darah, dan kadar koleterol yang tidak sehat, serta menjalani pengobatan jika dibutuhkan.

Sumber:

Catharine Paddock PhD, 2018, Multivitamin ‘of no benefit’,  https://www.medicalnewstoday.com/articles/322415.php diakses tanggal 11/07/2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *